Prinsip Komunikasi
14:07:00
Berbicara atau berkomunikasi
dengan baik adalah dambaan setiap orang. Sebab, kemampuan berbicara atau
berkomunikasi dengan baik dapat memberikan energi positif terhadap kehidupan
kita. Bahkan, sebagian besar orang mengatakan bahwa berbicara atau berkomunikasi
dengan baik dapat mendatangkan kesuksesan hidup. Anda dapat membuktikannya
sendiri.
Berbicara atau berkomunikasi
bukanlah hal mudah. Banyak sekali penyakit atau peghambat kita untuk berbicara
atau berkomunikasi, seperti rasa malu, kurang pede, dan masih banyak lagi. Oleh
karena itu, kita harus mempelajari trik-trik dalam berkomunikasi. Hal ini
bertujuan agar kita mendapatkan dampak positif dari komunikasi tersebut. Tak
jarang, dengan kesalahan pengucapan dalam berbicara dapat membuat orang lain
tersinggung, bahkan menimbulkan konflik.
Ada beberapa prinsip dalam
komunikasi yang wajib untuk anda ketahui.
Pertama, prinsip menghargai
(respect). Rasa hormat dan saling menghargai dalam berkomunikasi merupakan hal
yang sangat penting. Ingat! Prinsip dasarnya, manusia ingin dihargai dan
dianggap penting. Jika memang anda diharuskan untuk mengkritik oranglain,
gunakanlah bahasa yang sopan dan penuh dengan hormat. Jika anda ingin dihargai,
maka anda harus menghargai. So simple.
Kedua, empati. Empati adalah
kemampuan kita untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi
orang lain. Untuk memiliki sikap empati, anda harus mendengarkan atau mengerti
terlebih dahulu sebelum didengarkan atau dimengerti oleh orang lain. Salah satu
manfaat dari rasa empati ini adalah mudah untuk menyampaikan pesan dengan cara
dan sikap yang memudahkan penerima pesan menerimanya. Rasa empati akan
menimbulkan respek atau penghargaan, sedangkan rasa respek akan membangun
kepercayaan yang merupakan unsur utama dalam membangun teamwork.
Ketiga, audio (audible). Audible
adalah suatu cara agar pesan dapat diterima atau dimengerti. Dalam hal ini,
anda dituntut untuk dapat menggunakan media
atau perlengkapan, seperti audiovisual yang akan membantu anda
menyampaikan pesan supaya dapat diterima dengan baik.
Keempat, jelas (clarity). Selain
harus dapat dimengerti, pesan juga harus jelas agar tidak terjadi
misunderstanding. Sebab, kesalahan penafsiran dapat menimbulkan dampak yang
tidak sederhana, bahkan bisa berdampak sangat sistemik dan menghancurkan.
Kelima, rendah hati. Hal ini
merupakan yang paling sulit untuk dijalani, karena sifat manusia yang penuh dengan ego dan ingin menang sendiri. Dalam hal ini, ada harus bisa menerima
kritik dari orang lain, berani mengakui kesalahan, rela memaafkan, lemah lembut
dan penuh pengendalian diri serta mengutamakan kepentingan yang lebih besar.
Kelima prinsip diatas merupakan
beberapa dari sekian banyak prinsip komunikasi yang harus anda ketahui. Semoga
bermanfaat.

0 komentar