Prinsip Komunikasi

14:07:00

Hasil gambar untuk komunikasi
Berbicara atau berkomunikasi dengan baik adalah dambaan setiap orang. Sebab, kemampuan berbicara atau berkomunikasi dengan baik dapat memberikan energi positif terhadap kehidupan kita. Bahkan, sebagian besar orang mengatakan bahwa berbicara atau berkomunikasi dengan baik dapat mendatangkan kesuksesan hidup. Anda dapat membuktikannya sendiri.
Berbicara atau berkomunikasi bukanlah hal mudah. Banyak sekali penyakit atau peghambat kita untuk berbicara atau berkomunikasi, seperti rasa malu, kurang pede, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kita harus mempelajari trik-trik dalam berkomunikasi. Hal ini bertujuan agar kita mendapatkan dampak positif dari komunikasi tersebut. Tak jarang, dengan kesalahan pengucapan dalam berbicara dapat membuat orang lain tersinggung, bahkan menimbulkan konflik.
Ada beberapa prinsip dalam komunikasi yang wajib untuk anda ketahui.
Pertama, prinsip menghargai (respect). Rasa hormat dan saling menghargai dalam berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting. Ingat! Prinsip dasarnya, manusia ingin dihargai dan dianggap penting. Jika memang anda diharuskan untuk mengkritik oranglain, gunakanlah bahasa yang sopan dan penuh dengan hormat. Jika anda ingin dihargai, maka anda harus menghargai. So simple.
Kedua, empati. Empati adalah kemampuan kita untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang dihadapi orang lain. Untuk memiliki sikap empati, anda harus mendengarkan atau mengerti terlebih dahulu sebelum didengarkan atau dimengerti oleh orang lain. Salah satu manfaat dari rasa empati ini adalah mudah untuk menyampaikan pesan dengan cara dan sikap yang memudahkan penerima pesan menerimanya. Rasa empati akan menimbulkan respek atau penghargaan, sedangkan rasa respek akan membangun kepercayaan yang merupakan unsur utama dalam membangun teamwork.
Ketiga, audio (audible). Audible adalah suatu cara agar pesan dapat diterima atau dimengerti. Dalam hal ini, anda dituntut untuk dapat menggunakan media  atau perlengkapan, seperti audiovisual yang akan membantu anda menyampaikan pesan supaya dapat diterima dengan baik.
Keempat, jelas (clarity). Selain harus dapat dimengerti, pesan juga harus jelas agar tidak terjadi misunderstanding. Sebab, kesalahan penafsiran dapat menimbulkan dampak yang tidak sederhana, bahkan bisa berdampak sangat sistemik dan menghancurkan.
Kelima, rendah hati. Hal ini merupakan yang paling sulit untuk dijalani, karena sifat manusia yang penuh dengan ego dan ingin menang sendiri. Dalam hal ini, ada harus bisa menerima kritik dari orang lain, berani mengakui kesalahan, rela memaafkan, lemah lembut dan penuh pengendalian diri serta mengutamakan kepentingan yang lebih besar.

Kelima prinsip diatas merupakan beberapa dari sekian banyak prinsip komunikasi yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Popular Posts

Popular Posts

Subscribe